Halaman

Jumat, 03 Desember 2010

Efektivitas Kerja dalam Proses Administrasi

A. Pengertian Efektivitas Kerja

Semua kegiatan-kegiatan dalam organisasi baik itu organiasi pemerintah atau swasta, orientasi pemikirannya dan pelaksanaanya selalu dikaitkan dengan efisiensi dan efektivitas, artinya bagaimana agar kegiatan organisasi dalam mencapai tujuan dengan baik tanpa terjadi pemborosan. Begitu pula halnya dalam penyusunan sistem, prosedur kerja, beserta teknis pelaksanaanya hendaknya berlandaskan pada efisiensi dan efektivitas.

Efektivitas mengandung arti terjadinya efek atau akibat yang dikehendaki. Jadi, perbuatan seseorang yang efektif ialah perbuatan yang menimbulkan akibat sebagaimana dikehendaki oleh orang itu. Setiap pekerjaan yang efisien tentu berarti juga efektif, karena dilihat dari segi usaha, hasil yang dikehendaki telah tercapai dan bahkan dengan penggunaan unsur yang minimal. (The Liang Gie dalam Syamsi 2007: 2).

Suatu institusi pemerintah yang berhasil diukur dengan melihat seberapa jauh institusi tersebut dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini menyangkut tingkat efektivitas kerja pada institusi tersebut. Berikut ini pengertian dari efektivitas menurut para ahli.

Menurut Emerson (dalam Hasibuan 2005: 242) efektivitas adalah pengukuran dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Siswanto (2007: 55) dalam bukunya pengantar manajemen mengemukankan bahwa efektivitas berarti menjalankan pekerjaan yang benar. Efektivitas berarti kemampuan untuk memilih sasaran yang tepat. Manajer yang efektif adalah manajer yang memilih pekerjaan yang benar untuk dijalankan.

Sedangkan menurut Miller (dalam Tangkilisan 2007: 138) mengemukakan bahwa.
“Effectiveness be define as the degree to which a social system achieve its goal. Effectiveness must be distinguished from efficiency. Efficiency is mainly concerned with goal attainments”.
(Efektivitas dimaksud sebagai tingkat seberapa jauh suatu sistem sosial mencapai tujuannya. Efektivitas ini harus dibedakan dengan efisiensi. Efisiensi terutama mengandung pengertian perbandingan antara biaya dan hasil, sedangkan efektivitas secara langsung dihubungkan dengan pencapaian suatu tujuan.)

Dari beberapa pendapat tersebut diatas, dapat kita simpulkan bahwa efektivitas menyangkut seberapa jauh keberhasilan yang telah dicapai dalam suatu organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Efektivitas dan efisiensi tentunya berbeda, dimana efektivitas menekankan pada pencapaian tujuan (berhasil guna) sedangkan efisiensi menekankan kepada penggunaan sumber daya yang ada (berdaya guna).

B. Ukuran Efektivitas

Ukuran dalam sebuah efektivitas kerja dapat dilihat pada semua bidang kegiatan maupun kemampuan seorang pegawai dalam sebuah organisasi pada proses pencapaian tujuan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kriteria dalam pengukuran efektivitas.

Steers (dalam Tangkilisan 2007: 140) lima kriteria dalam pengukuran efektivitas organisasi, yaitu:
  1. Produktivitas
  2. Kemampuan adaptasi atau fleksibilitas
  3. Kepuasan kerja
  4. Kemampuan berlaba
  5. Pencarian sumber daya.

Sementara Gibson (dalam Tangkilisan 2007: 140) mengatakan bahwa efektivitas organisasi dapat pula diukur sebagai berikut:
  1. Kejelasan tujuan yang hendak dicapai
  2. Kejelasan strategi pencapaian tujuan
  3. Proses analisa dan perumusan kebijaksanaan yang mantap
  4. Perencanaan yang matang
  5. Penyusunan program yang tepat
  6. Tersedianya sarana dan prasarana
  7. Sistem pangawasan dan pengendalian yang bersifat mendidik.

Dari pendapat diatas, ukuran dalam menentukan tingkat efektivitas kerja meliputi semua bidang kegiatan, dari produktivitas sampai dengan pencarian sumber dana. Dengan demikian diharapkan semua tujuan yang telah direncanakan dapat dicapai sebagaimana mestinya.

Sumber :

  • Hasibuan, Malayu S. P., 2005. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah, Edisi Revisi, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
  • Tangkilisan, Hessel Nogi S., 2005. Manajemen Publik, PT. Gramedia Widiasarana, Jakarta.

4 komentar:

Aang Abdu Muamar Rauf mengatakan...

bagus mas,,, izin ngutip satu paragrag mas..

yusufabsa mengatakan...

silahkan mas aang, :D

Unknown mengatakan...

daftar pustakanya gk ada ya mas??

yusufabsa mengatakan...

ada bang, paling bawah, klik show