Halaman

Rabu, 01 Desember 2010

Akses Internet Gratisan di Kampus

Sepertinya ini adalah postingan pertama di bulan Desember. Pada postingan kali ini, kita akan sedikit membicarakan mengenai akses internet gratis yang ada di Kampus Fisip . Akses internet gratis ini dapat dinikmati pada pukul 09.00-16.00. Kadang waktunya lebih awal, kadang juga tidak. Tergantung Admin kampus yang membuka server, kalau moodnya lagi baik server bisa terbuka sampai pukul 17.00.

Biasanya sekitar pukul 11.00 lobby kampus sudah diisi oleh belasan Mahasiswa yang ingin melakukan browsing, entah untuk mencari bahan atau materi kuliah atau hanya ingin facebook'an. Nah, saat itulah jaringan atau signal down, kecepatan kurang lebih hanya 10 kbps. Jadi harus bersabar, sebuah konsekuensi yang harus dibayar, namanya juga gratisan, Hehe...

Foto by Dadank

Akibat banyaknya Mahasiswa yang melakukan browsing, tentunya akan membutuhkan power untuk laptopnya, terlebih lagi bila baterai laptop ngedrop, (seperti laptopku ini yang bertahan hanya 3 menit) jadi tidak tahan lama-lama tanpa di charge. Payahnya, colokan yang ada didekanat hanya ada dua, jadi sangat disarankan untuk membawa terminal colokan agar dapat dicabang. Jangan mengharapakan teman berbaik hati untuk gantian ngecharger laptop jika tidak membawa cabang. Biasanya raut mukanya akan sedikit berubah menjadi kesal.

Oia, Aku juga heran, dulunya ada kursi tunggu di lobby dekanat, tapi entah kenapa kursi itu sekarang hilang. Dan lebih sayangnya lagi, kursi saptam juga ikutan hilang, atau mungkin hanya berpindah tempat saja. Lagian Aku tidak memperdulikan hal tersebut, menurutku lebih enak duduk lasehanan daripada menggunakan kursi.

Lanjut lagi mengenai signal yang down. Sebenarnya ada beberapa server yang ada didekanat. Yang pertama dan yang paling ngetop adalah Program Studi Hubungan Internasional, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Dekan dan Beberapa sever lain yang tidak jelas signalnya.

Kebanyakan Mahasiswa, termasuk saya menggunakan server PSHI, dan tentu sebelumnya harus memasukkan password yang sudah menjadi rahasia umum. Awalnya password PSHI yaitu 'hubinter' kemudian '0541741***' (semoga tidak dirubah lagi). Untuk PSIP, passwordnya sudah diubah, sebelumnya 'PemerinTahaN'. Kemudian untuk server Dekan, yang ada di lantai II, tidak menggunakan password, tapi sayang karena lobby lantai II panas, (kecuali masuk kedalam ruangan dekan kalau berani) jadi hanya beberapa orang saja yang browsing disana. Loh, kalau server Program Studi Administrasi Negara mana? Itulah yang membuat saya bingung mengapa PSAN tidak mempunyai server internet ya?

Ada satu hal yang membuat saya betah untuk browsing didekanat, yaitu saat kampus sudah sepi, sekitar pukul 16.00. Nah, saat itulah, kecepatan download bisa mencapai 120 kbps. Lumayan untuk download/unduh movie atau mp3, yang nantinya bisa dinikmati saat pulang ke kost. Hehe..

Itulah, sedikit keadaan kampus fisip tepatnya di lobby dekanat tempat favorit Mahasiswa yang ingin melakukan browsing.

Tidak ada komentar: